Sabtu, 03 Desember 2011

Biolog Brasil Temukan Lumba-Lumba Albino






Rio De Janeiro: Biolog Brasil menemukan lumba-lumba albino yang sangat langka di antara spesies lumba-lumba terancam punah yang hidup di wilayah lepas pantai selatan Amerika Selatan.

Tim peneliti yang berasal dari Universitas Univille, Santa Catarina mengatakan ini merupakan kali pertama ditemukan individu albino di antara spesies Pontoporia blainvillei, lumba-lumba pemalu yang sangat jarang meloncat dari air. Spesies itu dikenal sebagai Toninha di Brasil sementara di Argentina dan Uruguay disebut sebagai La Plata atau Lumba-Lumba Franciscana.

Camilla Meirelles Sartori, kepala Proyek TOninhas mengatakan dia pertama melihat anak-anak lumba-lumba dengan kulit berwarna merah muda itu pada akhir Oktober. Kelompoknya kemudian mengambil gambar lumba-lumba albino itu apda November.

Kami terkejut. Individu itu sangat kecil dan warna kulitnya sangat berbeda," ujar Sartori.

Sartori mengatakan bayi lumba-lumba itu berada bersama lumba-lumba dewasa yang diduga sebagai ibunya. Anak lumba-lumba bertahan hidup dengan menyusui hingga berusia enam bulan dan akan terus bersama ibunya hingga berusia satu tahun.

Spesies lumba-lumba ini terancam punah. Mereka kerap terjebak di jaring nelayan. Mereka bisa tenggelam atau mati karena stres jika tidak cepat dibebaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar