Kamis, 14 April 2011

timnas


    
Timnas Jepang Kemungkinan Jadi Tampil di Copa America
Timnas Jepang saat menekuk Kamerun 1-0 di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Timnas Jepang Kemungkinan Jadi Tampil di Copa America

Kamis, 14 April 2011 11:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - Timnas Jepang kelihatannya akan mengikuti turnamen sepak bola Copa America setelah mereka sebelumnya menyatakan mengundurkan diri karena bencana gempa bumi dan tsunami di negara mereka. Demikian petinggi sepak bola Jepang mengumumkannya pada Rabu (13/4).
Bencana alam pada 11 Maret lalu menghancurkan pusat tenaga nuklir di kawasan utara Jepang sehingga menyebabkan kerusakan aliran listrik. Akibatnya, kompetisi Liga-J dibatalkan sebanyak lima putaran.
Pertandingan liga negara itu terpaksa diundur pada Juli ketika masa rehat kompetisi. Tetapi, jadwal tersebut ternyata bertabrakan dengan turnamen di Amerika Selatan. Padahal, Jepang yang juara Asia 2011 dan bukan anggota sepak bola Amerika Latin itu sudah diundang khusus bersama Mexico ke turnamen Copa America.
"Kami akan ambil bagian bila dapat memanggil beberapa pemain yang berada di klub asing. Pemanggilan ini agar tidak berpengaruh besar pada kompetisi Liga-J," kata Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Jepang, Hiromi Hara, kepada media Jepang.
Ia menambahkan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan sedang meminta pada klub Eropa untuk melepas para pemain mereka yang berasal dari Jepang agar dapat mengikuti turnamen Copa America pada 1-24 Juli di Argentina.
Dalam pertemuan dewan eksekutif, Liga-J menyetujui untuk ambil bagian dalam Copa America dengan syarat pemain dari klub asing dapat pulang untuk bergabung bersama tim Samurai Biru asuhan Alberto Zaccheroni itu.
"Kami juga mengerti dengan kepentingan tim nasional dan kami menghormati ide asosiasi sepak bola Jepang," kata Direktur Liga-J dan Presiden Gamba Osaka, Kikuo Kanamori, seperti disiarkan kantor berita Jiji Press.
Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara/AFP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar